tips kesehatan

tips kesehatan keluarga tercinta

Meta Deskripsi Tiap Postingan Blogspot

Fitur Baru Blogger Untuk Membuat Meta Tag Deskripsi Blogspot- baru Maret 2012
Blogger menyediakan fitur meta tag deskripsi untuk setiap postingan blogspot sejak 22 Maret 2012 . Ini menjadi sebuah babak baru untuk blogspot yang sebelumnya sulit untuk memasukkan meta tag deskripsi ke masing-masing postingan.

Dulu banyak sekali trik-trik untuk menampilkan meta tag deskripsi pada blogspot yang diberikan oleh ahli2 seo.Mulai dari memasukkan satu-persatu di halaman template HTML, ada yang pakai kode php, javascript, dll.

Catatan : Meta Tag Deskripsi blog sangat berguna untuk kepentingan SEO , yang akan menitik beratkan pada kata kunci yang kita bidik. Meta tag deskripsi ini akan muncul di halaman search engine ketika seseorang mencari informasi di search engine.

Kini itu tidak perlu lagi, cara untuk memasukkan meta tag deskripsi blogspot saat ini sudah ada fiturnya di blogger. Tinggal kita aktif kan saja.nanti akan tampil disetiap editor posting saat kita akan membuat artikel .

Langkah untuk membuat /mengaktifkan SEO meta Tag Deskripsi di Blogspot :

1. Masuk dashbor blogger anda.

2. Pastikan anda menggunakan tampilan dashbor new blogger atau draft blogger, kalau belum tau cara merubahnya silahkan lihat postingan saya tentang aneka tampilan dashbor blogger. Pada dashbor blogger versi lama, saya tidak menemukan adanya link "Search preference".

3. Klik 'setting' atau 'setelan' pada salah satu blog anda. ( Gbr 1 )

Setelan Meta Tag Deskripsi Blogspot
Gbr.1 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - Pref


4. Klik ‘Search preference’ atau ‘preferensi penelusuran’ - ( Gbr 1 )

5. Klik pada link "Edit"’ ( Gbr 2 )

Edit Meta Tag Deskripsi Blogspot
Gbr.2 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - EDIT


6.Centang pada radio button “ya” atau ‘Yes’  ( Gbr 3 )

Halaman Postiing Meta Tag Deskripsi Blogspot
Gbr 3 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - Isi


7. Lalu isi meta deskripsi blog anda. Pada opsi ini adalah meta tag deskripsi blog umum anda, yang akan tampil untuk deskripsi homepage blog.  ( Gbr 3 )

8. Klik simpan perubahan  ( Gbr 3 )

Kini anda sudah mengaktifkan Fitur meta tag blogspot. Tapi ini hanya untuk meta tag pada homepage atau halaman utama blog saja. Untuk menampilkan meta tag deksripsi pada postingan ikuti caranya sbb :

Cara Membuat Meta Tag Deskripsi Blog Pada Tiap Postingan Blogspot

Untuk tips menampilkan meta tag deskripsi blog untuk setiap postingan blogspot yaitu :

1. Pastikan anda sudah mengaktifkan fitur meta deskripsi blog pada langkah diatas.

2. Katakanlah kita akan membuat sebuah postingan baru

3. Saat kita ada di editor posting blogspot , lihat pada opsi “setelan Entry” yg biasanya ada disebelah kanan halaman.( Gbr 4 )

Halaman Postiing Meta Tag Deskripsi Blogspot
Gbr.4 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - halmn posting


4. Isi deskripsi blog dengan memasukkan keyword yg dibidik.Jangan lebih dari 150 karakter termasuk spasi.( Gbr 4 )


5.Klik selesai ( Gbr 4 )


Kini ketika kita mempublish artikel baru, maka akan muncul meta tag deskripsi postingan blog saat kita melihat source code HTML. Untuk yg belum tau cara melihat source code HTML, yaitu dengan klik kanan pada sembarang halaman ( Dengan firefox atau chrome browser) lalu klik “lihat sumber halaman” atau “View source code” , dan akan tampak seperti digambar berikut ini: ( Gbr 5 )

source kode Meta Tag Deskripsi Blogspot
Gbr.5 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - Source code
Catatan : Langkah menampilkan meta tag deskripsi blogspot diatas adalah untuk template new yg tersedia di blogspot dan anda langsung menggunakannya saat membuat blog.

Fitur ini tdk akan befungsi jika anda memakai template lama atau template hasil download. Untuk itu kita perlu menambahkan kode beikut ini di edit html template anda.

ini kode nya :

 <b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>

      <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

 </b:if>

Tempatkan kode diatas, dibawah tag </title> ( Gbr.6 )

Meta Tag Deskripsi Blogspot - EDIT HTML
Gbr.6 : Meta Tag Deskripsi Blogspot - EDIT HTML


Kalau sudah, silahkan diperiksa , apakah sudah muncul meta tag deskripsi blog pad postingan anda? Catatan Penting : sebaiknya janagn mengedit postingan lama anda, jika postingan itu sudah nangkring dihalaman pertama google. Ini pengalaman saya aja sih, ketika saya coba ganti meta deskripsi, tau-tau postingan saya yg sudah ada di urutan 5 besar google, malah mental ke halaman kedua... be careful yah.. Demikian lah artikel cara membuat meta tag deskripsi untuk postingan blogspot yang mudah-mudahan berguna untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Seo Blogspot / Seo Tips dengan judul Meta Deskripsi Tiap Postingan Blogspot. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://spoketmoto.blogspot.com/2012/03/meta-deskripsi-tiap-postingan-blogspot.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: admin - Minggu, 25 Maret 2012

Belum ada komentar untuk "Meta Deskripsi Tiap Postingan Blogspot"

Posting Komentar